Website Tutorial and Download Program, Design, And News Technology and Lifestyle. We Have Free Download Source Code Project and Update Tutorial. We Sharing For Learning.

3 Struktur dasar Algoritma


















Apa itu Programer

Programer itu orang yang ngebuat program itu jawaban kalo ada orang yang nanya ke w karena iseng. Tapi kalo serius programer itu adalah orang yang dapat menyelesaikan masalah dengan tahap tahap lalu tahap tadi di tulis pake bahasa pemrogaman maksudnya si programer nulis logikannya pake koding terus codingnya di copile jadi program mumet ya hehe. Tapi aslinya kalo udah bisa ngoding programer itu sama aja kayak orang yang maen game aja kok

Filosofi kenapa harus tau dasar pemrogaman


Coffeeneet -Sebuah pohon yang tinggi berdiri diatas akar yang kuat begitupun tentang keilmuan seseorang. maka dari itu untuk menjadi seorang programer yang baik kita harus memiliki pondasi untukmembuat program. pondasi dari seorang program adalah logikanya.Karena dalam pembuatan aplikasi yang baik harus didasari oleh logika yang efektif efisien  dan praktis seorang programer harus dapat menyelesaikan permasalah dengan baik.

Apa itu Algoritma

Algoritma adalah langka untuk menyelesaikan masalah. Banyak cara untuk menyelesaikan masalah namun kita harus cara mana yang terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. seorang programmer di tuntut untuk menyelesaikan masalah dengan sedikit tahapan, untuk melakukan hal itu kita akan mempelajari 3 proses dasar untuk menjadi pondasi dari algoritma yang akan kita implementasikan.

Sequence(berurutan)

 












Sequence adalah melakukan sebuah rutunan proses secara ber urutan , ini adalah struktur algoritmayang standart contoh ilustrasi dari sequence. didalam tahap ini kita harus tau proses mana yang harus di dahulukan dan mana yang harus dibelakangkan. sehingga permasalahan dapat terselesaikan dengan hasil yang memuaskan. Kalo jelasin cara gampang nya selesain tahap satu dulu baru bisa ke tahap dua buat kopi dulu baru beli rokok mantap gaan haha
kalo cara programernya kaya yang di bawah ini laah :
int a,b,c,d,e;
a=1;
b=2;
c=a+b;
d=b+c;
e=3;
int hasil=d *e;

Decision(Pemilihan)












Decision atau pemilihan adalah struktur proses algoritma yang mempunyai kondisi jika kondisi terpenuhi maka proses dilakukan. dalam logika ini biasanya kita dihadap kan dengan beberapa pilihan dan pilihan yang diambil harus disesuaikan dengan keadaan. Jadi kayak kita laper tapi duitnya cuman dikit nih bingung mau buat makan apa beli rokok. Kalo beli rokok gak makan kalo beli makan mulut nya asem haha bingung ya anak kost biasanya ngerti nih rasanya

contoh:
int a,b;
a=10;
b=20;

if(a
{
int c=a+b;
}
if(b
{
int c=a-b;
}

 Repeat(Perulangan)












Repeat atau perulangan adalah struktu alogoritma yang mengulang proses sampai kondisi terpenuhi.
agar mendapat kan hasil yang diinginkan maka harus dilakukan proses perulangan biasanya ini di lakuakan dalam proses pencarian data.Misal nya nih kita kerja mau beli mobil abis kerja gajian dapet duit di itung belum cukup terus ulang lagi kerja nyari duit kan nambah tuh duitnya gituuu terus sampek lebaran monyet hehe becanda gan itu kalo sintak nya eror kayak gitu tapi kalo bener sampek kebeli mobil


Contoh :

for(a=0;a<3 a="" br="" jika="" kondisi="" lakukan="" perulangan="">
{
cetak(a)//a=0 perulangan 1
}
{
cetak(a)//a=1 perulangan2

{
cetak(a)//a=2 Perulangan 3
}

Emang ayaknya remeh gan tapi tiga logika itu penting karena dasar untuk bisa buat program yang mantap kita harus paham soal 3 logika ini ntar kalo udah paham pasti lebih enak kalo mau buat buat program gan. Sekian artikel kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para programer yang ingin belajar tentang dasar menjadi programer yang baik

Terima kasih
Labels: tutorial

Thanks for reading 3 Struktur dasar Algoritma. Please share...!

0 Comment for "3 Struktur dasar Algoritma"

Back To Top